Minggu, 06 Mei 2012

Cara Mengatasi Komputer Gagal Masuk Windows

saya beberapa kali mengalami hal ini: KOMPUTER GAGAL MASUK WINDOWS,, alias komputer berhasil booting, tapi setelah muncul gambar jendela proses masuk ke windows ternyata komputer 'nggak kuat ngangkat windowsnya' sehingga malah balik RESTART. Berulang lagi booting... Dan terus berulang restart. Sampai bosen, sampai kesel!

Saat ngalamin hal hal seperti ini biasanya cara ampuh yang pernah saya tempuh adalah mengeluarkan koleksi CD PROGRAM saya, dan mencari judul WINDOWS XP SP 2. Yup,, karena selama ini saya masih terlalu terbiasa dengan XP, belum mau beralih ke VISTA ataupun SEVEN,, lebih tepatnya belum sanggup belajar menu-menu baru lagi kali ya. hihi... Yup,, dan dengan CD Installan XP tersebut maka saya bakal melakukan INSTALL ULANG WINDOWS. Butuh waktu 1 sampai 2 jam untuk menginstall ulang windows, tergantung spesifikasi komputer. Belum lagi harus memasang ulang aplikasi-aplikasi di dalamnya,, termasuk game favorit,, biasanya ga cukup waktu 2 jam untuk mengumpulkan dan memasang Program-program favorit di komputer. Yang berarti juga saya harus kehilangan file-file yang tersimpan di satu partisi bersama SYSTEM. Makanya saya selalu membiasakan menyimpan file dokumen, tugas kuliah, kerjaan, dsb. di MY DOCUMENTS yang lokasinya sudah di pindah ke partisi kosong yang bukan file system, jadi kalaupun di format/install ulang windows maka file dokumen tidak ikut terhapus. Tapi walaupun cara INSTALL ULANG ini ampuh menyembuhkan windows yang selalu restart saat booting, tapi setidaknya saya butuh waktu hampir seharian di depan komputer untuk kembali menata komputer saya. Cukup menghabiskan waktu... Fhhuiiih...

DAN KEMARIN, saya kembali mengalami komputer yang terus berulang merestart tanpa berhasil masuk ke windows. Aaaaah,, kesel juga! Kali ini saya sedang tidak punya banyak waktu. Saya ingin masalah booting berulang ini bisa terselesaikan. Apalagi saya nggak ingin liburan saya di weekend ini sia-sia karena saya nggak bisa refreshing dengan main game favorit di komputer. Akhirnya setelah kesana kemari mencari solusi paling canggih dan efisien,, saya menemukan cara jitu. Dari beberapa blog dan tutorial cara mudah mengatasi masalah komputer akhirnya saya sepakat kalau masalah komputer restart berulang ini terjadi akibat adanya kerusakan file system untuk booting.

Dan saya coba mengikuti tahap demi tahap, kurang dari 1/2 jam komputer saya kembali bisa masuk windows seperti semula. Canggih!! Buat anda yang mengalami hal sama,, silakan ikuti tahap berikut:
Sebenarnya anda bisa memperbaiki windows yang gagal booting seperti windows restart terus dengan memperhatikan keterangannya seperti pesan "Unmountable boot volume","NTLDR Missing press any key to reboot" atau "NTOSKRNL.EXE missing or corrupt".Gunakan CD instalasi windows XP untuk memperbaiki kerusakan tsb.Berikut langkah-langkahnya:

1. Bila muncul pesan "Unmountable boot volume" berarti hilang/rusaknya file boot.ini. Cara memperbaiki sbb:
* Booting dengan CD windows XP,pas dihalaman setup windows tekan huruf [R] untuk masuk ke mode Recovery Console.
* Pilih partisi windows anda dan masukkan pasword Administrator.
* Masuk ke command prompt,ketik chkdsk/p tekan enter.
* Setelah chkdisk selesai kemudian ketik fixboot,lalu tekan [Y] saat muncul konfirmasi.
* Lalu ketik exit.

2. Bila pesan yang muncul "NTLDR Missing press any key to reboot" berarti hilang nya file NTLDR, caranya:
* Sama seperti cara pertama hanya setelah masuk ke command prompt ketik perintah:
* copy x:\i386\ntldr c:\ => Enter , setelah itu ketik:
* copy x:\i386ntdetect c:\
* Ganti x dengan drive cdroom anda
* exit

3. Sedangkan jika yang muncul pesan "NTOSKRNL.EXE missing or corrupt". Jalankan cara berikut:
* Masih seperti cara yang pertama setelah masuk command prompt ketik perintah:
* cd i386 => Enter.
* expand ntkrnlmp.ex_ => Enter.
* c:\Windows\system32\ntoskrnl.exe => Enter lagi.
* exit

Anda dapat menyesuaikan perintah tersebut dengan lokasi atau drive instalasi windows anda,Sekarang nyalakan komputer seperti biasa dan lihatlah windows anda sudah berjalan dengan normal, demikian semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar